Kiat Lindungi Telepon Seluler Android Dari Serangan Mobile Malware

Belakangan ini ini, para peneliti di Kaspersky Laboratorium menemukan peningkatan serangan software membahayakan pada mobile sampai dua kali lipat. Selama tahun 2018 ada 116,5 juta serangan, jumlah ini meningkat dibandingi dengan 66,4 juta pada tahun 2017.

Walau lebih banyak perangkat yang diserang, jumlah file malware justru semakin menurun, membuat para peneliti menyimpulkan bahwa kualitas mobile malware menjadi lebih berpengaruh signifikan serta pas target.

Di antara keseluruhan ancaman yang ada, pertumbuhan paling signifikan adalah serangan dengan memakai Trojan-Droppers, yang meningkat hampir 2x lipat dari 8,63% menjadi 17,21%.

Variasi malware ini dirancang untuk menyusupi perlindungan sistem serta menyalurkan semua macam malware di sana, mulai dari Trojan perbankan sampai ransomware.

Masih dalam laporan Kaspersky Lab yang sama, menyatakan bahwa Indonesia berada di ranking ke-6 di antara negara-negara dengan jumlah user terbanyak yang diserang mobile malware tahun lalu, yakni sebesar 34,84%, atau sepadan dengan 3 dari sepuluh user seluler di Indonesia.

Yeo Siang Tiong, General Manager di Kaspersky Lab SEA mengatakan bahwa hand phone memiliki resiko tinggi untuk terkena ancaman kriminal siber sejalan munculnya inovasi dalam teknologi seperti pembayaran digital. Cek pula informasi tentang Game Free Fire disini.

Berikut ini kiat untuk melindungi telpon pintar dari serangan malware :
- Hanya memasang aplikasi mobile yang didapat dari website penjualan sah, seperti Google Play di perangkat Android atau App Store di iOS
- Mengeblok instalasi program dari sumber yang tidak diketahui pada pengendalian telepon pintar kamu
- Jangan lewat isian prasyarat serta persetujuan pada perangkat, sebab ini bisa memberikan kesempatan bagi para pelaku kriminal siber untuk menjalankan serangan mereka secara leluasa
- Instal pembaruan sistem dan aplikasi lantas setelah alternatif tersebut tersedia, pembaruan bisa menghindari kerentanan dan menjaga perangkat terlindungi. Perhatikan bahwa update sistem OS seluler tak boleh didownload dari sumber eksternal (kecuali sekiranya kamu berpartisipasi dalam pengujian beta sah). Update aplikasi hanya dapat diinstal via website penjualan sah
- Gunakan solusi keamanan yang dapat diandalkan untuk perlindungan komprehensif dari beragam ancaman, seperti Kaspersky Security Cloud.